Masjid Dibongkar, Warga Heboh

10:41, 06/02/2011
Masjid Dibongkar, Warga Heboh
DIBONGKAR: Mesjid Al Ikhlas di Jalan Timor, Medan dibongkar orang tak dikenal, kemarin (5/2). //Nesten Marbun/Sumut Pos

MEDAN-Warga yang bermukin dekat Masjid Al Ikhlas di Jalan Timur, Medan Timur mendadak heboh. Pasalnya, masjid dibongkar orang tak dikenal (OTK), Sabtu (5/2). Aksi pembongkaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Pelaku membongkar atap dan kosen masjid yang berdiri sejak tahun 1970-an itu.

Informasi yang dihimpun, warga baru mengetahui masjid dibongkar saat hendak menunaikan salat Zuhur. warga kaget melihat atap dan kosen masjid sudah berantakan.

“Saya tahunya ditelepon teman saya yang hendak melaksanakan salat.

Dia bilang masjid kita dibongkar,” ujar Ketua Forum Umat Islam (FUI) Sumut, Sudirman Timsar Jubil saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurutnya, pembongkaran itu diduga karena lahan tempat berdirinya masjid mau dijadikan rumah oleh pengembang properti. Mereka ingin masjid itu digusur dengan cara membongkarnya. Tidak cuma itu saja, katanya, mereka juga ingin menutup akses menuju masjid dengan cara memagari sekitar masjid dengan seng.

Warga setempat, Affan Lubis menyesalkan pembongkaran masjid yang seyogianya digunakan sebagai tempat ibadah. “Tidak sepantasnya dibongkar begitu saja tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.Ya tidak sembarangan dong membongkar masjid karena itu kan fasilitas umum dan masjid itu kan untuk tempat beribadah bukan untuk yang lain-lain,” ujar Affan.Kapolsekta Medan Timur, Kompol Patar Silalahi mengaku, pihaknya belum mengetahui siapa pelaku pembongkaran masjid tersebut, karena tidak ada pemberitahuan yang dilakukan oleh orang tertentu kepada pihak kepolisia.

“Saya belum tahu siapa pelakunya karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Saya saja tahu adanya kejadian itu setelah adanya laporan dari warga,” aku Patar.

Menurutnya, kehadiran polisi di lokasi kejadian tersebut hanya sebagai pengamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya dan anggota saya hadir di lokasi kejadian hanya untuk berjaga-jaga saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena yang dibongkar ini kan tempat ibadah,” ujarnya.(mag-8)


YM

 
PLN Bottom Bar