Ayo ke Simalungun

11:01, 23/03/2010
Ayo ke Simalungun
Ayo ke Simalungun

Atraksi Kesenian Simalungun Memukau di PRSU

Pemerintah Kabupaten Simalungun (Pemkab) menjadi tuan rumah saat pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-39 yang digelar di Tapian Daya, Kompleks PRSU Jalan Gatot Subroto Medan, Jumat (19/3) lalu. Pembukaan pameran pembangunan menyambut Hari Ulang Tahun ke-62 Pemprovsu ini, menampilkan beragama budaya dan kesenian Simalungun.

Atraksi pembukaan PRSU ke-39 tahun 2010 mengangkat tema ‘Ayo ke Simalungun’. Tanoh Habonaron do Bona di pembukaan PRSU mendapat respon dari undangan dan pengunjung. Pesona Simalungun melalui pagelaran budaya, kesenian, peragaan busana serta cerita rakyat memberi kesemarakan arena pameran yang diikuti utusan dari Malaysia.

Gubsu H Syamsul Arifin SE yang membuka PRSU ke-39 bersama Bupati Simalungun, T Zulkarnain Damanik, Anggota DPD RI yang juga Ketua DPP Partuha Maujana Simalungun (PMS) dan undangan lainnya, mendapat kehormatan menerima pakaian adat Simalungun. Bahkan petinggi Pemprovsu yang dikenal sebagai sahabat semua suku ini, ikut menari bersama dengan para penari Simalungun.

Syamsul mengatakan, arena PRSU yang dulu dikenal sebagai ‘Medan Fair’ memiliki kemajuan dalam pelaksanaannya sehingga dapat menghadirkan banyak pengunjung termasuk dukungan dari empat Duta Besar RI di Timur Tengah untuk membawa investor. ‘’Manfaatkan momentum ini. Bukan sekadar hiburan, juga menjadi sarana untuk mempromosikan pengusaha kecil dan menengah. Saya harap anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumut, yakni Parlindungan Purba dan Rahmat Shah dapat memberi dukungannya,’’ kata dia.

Ia berharap PRSU dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa terutama di bidang seni dan dapat memotivasi laju pembangunan Sumatera Utara dalam bidang bisnis. Menurut dia, PRSU ke-39 membawa hoki atau keberuntungan bagi masyarakat Sumatera Utara.

Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Medan, Drs Alexius Purba mengatakan, penampilan kesenian Simalungun saat pembukaan PRSU memberi kebanggaan tersendiri bagi warga Simalungun di Kota Medan. ‘’Ke depan, kebudayaan dan kesenian Simalungun akan terus ditingkatkan di Kota Medan. ‘’Kita merasa bangga karena besarnya sambutan masyarakat di Medan terhadap antusias pengunjung,’’ imbuhnya. (*)

* Foto-foto selengkapnya lihat di edisi cetak.

simalungun    

[ketgambar]FOTO BERSAMA: Gubsu H Syamsul Arifin SE berfoto bersama dengan Muspida Sumut, perwakilan Malaysia dan undangan lain, di Pekan Raya Sumatera Utara, Jumat (19/3). // [/ketgambar]


YM

Kata kunci pencarian berita ini:

 
PLN Bottom Bar