Pembaca Batam Pos Grup Bantu Korban Sinabung

10:44, 18/11/2010
Pembaca Batam Pos Grup Bantu Korban Sinabung
SUMBANGAN: Tokoh masyarakat mewakili pengungsi (kiri), menerima sumbangan Batam Pos yang diberikan Hartono Tugiman.//Andri Ginting/Sumut Pos
Pembaca Batam Pos Grup Bantu Korban Sinabung
BERTERIMAKASIH: Tokoh masyarakat Desa Sukameriah memberikan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan pembaca Batam Pos.//Andri Ginting/Sumut Pos
Pembaca Batam Pos Grup Bantu Korban Sinabung
MEMBERI SEMANGAT: Dewi, Manager Divrei Medan (kiri), memberi semangat kepada seorang nenek di pengungsian.//Andri Ginting/Sumut Pos

Bantuan  senilai Rp30 juta adalah hasil sumbangan dari   pembaca koran Batam Pos  anak perusahaan Jawa Pos         News Network (JPNN) itu, yang diberikan kepada Desa Simacem, Bekerah, Kecamatan Naman Teran dan Sukameriah Kecamatan Payung. Ketiga desa itu masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp10 juta.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Harian Sumut Pos, Hartono Tugiman yang didampingi Dewi, Manager Divre Medan yang merupakan perwakilan dari Batam Pos, disaksikan Plt Ketua DPRD Karo, Ferianta Purba, Camat Naman Teran,  Terang Ukur Br Surbakti dan perangkat desa dan warga.

Wakil Pimpinan Redaksi (Wapemred)  Harian Sumut Pos, Hartono Tugiman, dalam kata sambutannya di Losd desa Sukameriah mengatakan, pihaknya merupakan perpanjangan tangan koran Batam Pos untuk memberikan bantuan.  “Dana yang diberikan adalah bantuan pembaca yang hatinya tergugah untuk memberikan sumbangsihnya kepada korban pengungsi letusan Gunung Sinabung,” ujar Hartono.

Oleh karena itu,  lanjut Hartono, pihak penderma berharap agar bantuan yang diberikan dapat dipergunakan warga sebagimana perlunya, sesuai kebutuhan.  “Maaf, atas keterlambatan bantuan yang kami salurkan. Namun mekanisme dalam penggalangan dana,  membutuhkan waktu.” ucapnya mengakhiri.

Plt Ketua DPRD Karo,  Ferianta Purba,  mengatakan, sesuai kultur budaya Suku Karo,  jumlah sebelas (sepulusada,red),  mengandung makna yang sakral. Dalam menyikapi hal itu, dalam kesempaten kemarin, secara pribadi, Ferianta, membantu Rp1 juta per desa.

“Sepulusada (sebelas,red) merupakan tanda kebersamaan dan dapat diartikan kembalinya jiwa. Sepulusada, ersada tendi kurumah, Mejuah-juah  kita kerina,” ujar Purba kepada warga. Mewakili  lembaga dan masyarakat, politisi muda asal  Partai Golkar ini, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca yang ikut perduli dan ikut menyumbang atas musibah yang  menimpa warga.

Camat Naman Teran, Terang Ukur Br Surbakti mengucapkan terima kasih atas bantuan yang  salurkan. Ia bilang, penduduk di dua desa yang masuk ke dalam wilayah tugasnya sudah kembali ke desanya pada 8 Oktober lalu, namun mereka sangat membutuhkan uluran tangan dermawan.

“Perekonomian warga belum pulih. Mereka baru kembali sebulan yang lalu. Desa yang berada di radius 3,5 K adalah desa yang terakhir pulang dari pengungsian. Saya turut tersentuh, dan bangga dengan kedatangan rombongan Batam Pos (Sumut Pos dan Posmetro).  Semoga semakin jaya ke depannya. Kepada warga, kami  harapkan agar berkoordinasi dengan perangkat desa dalam penggunaan bantuan,” ujar Camat.

Kepala Desa Bekerah, Harta Sitepu mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada penyumbang. Hal senada juga disampikan oleh Kades Simacem, Naik Sembiring. “Selain bantuan berbentuk materi dan barang, kami juga membutuhkan bantuan Psikologi. Bagi dermawan yang perduli, bantu kami,” katanya.

Usai melakukan penyerahan bantuan kepada warga Desa Simacem dan Sukameriah, rombongan Sumut Pos beserta Plt Ketua DPRD Karo, melanjutkan perjalanan  menuju desa Sukameriah.  Dan, 22 menit,  mengitari  kaki Gunung yang saat ini bersatatus Waspada (level II) itu, rombongan tiba di losd desa.

Camat Payung,  Petrus Ginting. SSos,  didampingi perangkat desa dan  warga,  datang menyambut. Dalam sambutannya, ia memberikan arahan kepada warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang menyesatkan yakni isu Sinabung akan meletus kembali dalam waktu dekat.

“Saya bangga dan terharu atas kedatangan rombongan yang melihat langsung kondisi warga yang letaknya berada di depan mulut kawah. Apalagi kondisi perekonomian warganya masih memprihatinkan. Atas naman pemerintah Kecamatan Payung mengucapkan terima kasih,” ucapnya. (wan)


YM

 
PLN Bottom Bar